Udang Rebon Umpan Mancing Paling TOP

Umpan mancing paling TOP di tanjung pasir apa ? Kalau saya, akan saya jawab Udang Rebon. Udang rebon yang biasa di buat gorengan peyek udang adalah umpan yang paling disukai ikan dan sepertinya hampir segala jenis ikan menyukai udang rebon.

Kapten Km Bintang Fajar tidak akan berlayar jika tidak membawa udang rebon,  itulah mengapa harga sewa kapal sudah dihitung termasuk udang rebon sehingga ada kepastian kalau trip mancing sudah membawa bekal umpan mancing yang terbaik ini.

Bagaimana cara pakai udang rebon sebagai umpan mancing karena yang namanya udang rebon sudah pasti kecil-kecil dan sulit dimasukkan ke mata kail. Berikut beberapa cara yang saya catat dari Km Bintang Fajar :

  1. Udang rebon dijadikan umpan dengan cara ditebar, biasanya kapten maupun abk kapal bertugas menebar rebon di hotspot mancing dengan cara mengikat tali mancing dengan kantong plastik dengan bagian muka / bukaan kantong plastik menghadap ke bawah / dasar laut, selanjutnya kantong plastik yang sudah diisi rebon diturunkan ke dasar laut lalu di sentak agar rebon keluar dari kantong plastik dan membuat ikan-ikan berdatangan.
  2. Disarankan pemancing menggunakan pancing kotrekan, kotrekan secara umum meniru bentuk dari udang rebon sehingga ikan target yang sedang dijamu dengan udang rebon sering menyambar kotrekan ini dan strike tidak terhindarkan.
  3. Gunakan kotrekan buatan Km Bintang Fajar,  kotrekan yang dibuat dengan kombinasi benang sutra yang dibuat kapten & abk ini sudah saya bandingkan dengan berbagai kotrekan merek lain yang saya beli dari toko-toko pancing di Jakarta, boleh saya akui bahwa kotrekan buatan mereka selalu lebih efektif dari kotrekan yang saya beli.
  4.  Jika ukuran udang rebon yang ada cukup besar dan ukuran mata kail kotrekan cukup kecil, pasangkan saja udang rebon tersebut ke mata kail, bagi yang rajin selalu ada tambahan bonus strike yang mengikuti. Cara ini juga dipakai untuk mereka yang mancing ikan baronang dengan 1 mata kail kecil dan biasanya menggunakan joran tegek. Tips : Sering-seringlah menebar rebon di hotspot baronang supaya ikan selalu berkumpul disitu.

Pada trip Juli 2016 ini, penulis memakai alat khusus untuk menebar udang rebon, alat ini dipasang di tali pancing sebelum rangkaian kotrekan. Hasilnya jumlah strike saya jauh lebih banyak dari teman-teman lain sekapal yang tidak menggunakan alat ini.

Alat penebar rebon

Alat penebar rebon I Fishing-mancing.com

Alat ini penulis dapat dari teman yang pulang dari Amrik (belum pernah lihat di toko di Jakarta), sebenarnya sama dengan kantong plastik yang diikat ke tali pancing seperti yang dilakukan oleh kapten tetapi jauh lebih efisien karena yang model kantong plastik jumlah rebon yang lepas di permukaan cukup banyak, dengan alat ini lebih fokus.

Beberapa gambar hasil strike saat trip mancing dengan alat penebar rebon ini :

Ikan kwe gerong & bengali

Ikan kwe gerong & bengali hasil mancing dengan rebon & kotrekan I Fishing-mancing.com

Alat penebar rebon

Mancing ikan kwe dengan alat penebar rebon I Fishing-mancing.com

Pelajaran dari trip dan menggunakan alat penebar rebon ini adalah : rebon yang ditebar memakai plastik oleh kapten dan abk kelihatannya sangat boros sehingga rebon cepat sekali habis. Menurut kapten memang nebar rebon harus boros supaya ikan terus berkumpul disitu, entah ini benar atau tidak  ?? Yang pasti rebon habis, yang lain berhenti mancing karena kotrekannya tidak disambar ikan lagi tetapi jatah rebon saya yang jauh lebih sedikit dan  yang saya tebar menggunakan alat penebar rebon seperti gambar diatas ternyata masih menghasikan strike, lalu strike  lagi, lalu strike lagi, lagi dan lagi walau rebon yang ditebar kapten dan abk sudah berhenti.

Jadi umpan rebon memang TOP, bisa disebut yang terbaik untuk mendapatkan ikan dengan ukuran seperti gambar diatas, kemudian cara penyajian / penebaran rebon juga perlu ditingkatkan, menggunakan alat yang dirancang khusus seperti alat penebar rebon diatas sepertinya menjanjikan.

Sebenarnya ada beberapa strike dengan tarikan yang sangat dahsyat tetapi kekuatan kotrekan tidak mencukupi sehingga kotrekan selalu putus, menurut perkiraan ikan yang strike pasti berukuran diatas 2 kg sampai 4 kg, seharusnya saya menggunakan kotrekan dengan benang & mata kail yang lebih besar.

Demikian yang penulis bagikan untuk kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

Salam Strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

Posted in General | 1 Comment

Strike monster cumi & ikan besar

Mancing cumi (monster cumi) atau mancing ikan. Lebih hobi yang mana ? Pilih strike ikan atau cumi ? Jawabnya : Kalau boleh strike dua-duanya, strike monster cumi mau, strike ikan besar juga mau.

Ini yang didapatkan oleh Trip saudari kita bersama Km Bintang Fajar di tanggal 7  Febuari 2016, foto ini sudah lama saya simpan dan mau di “post” tetapi karena sibuk baru saya posting sekarang :

Strike moster cumi dan ikan besar

Strike monster cumi dan ikan dalam trip mancing bersama Km Bintang Fajar I Fishing-mancing.com

IMG-20160207-WA0022

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Trip mancing berikutnya di tanggal 13 Febuari 2016 adalah trip yang juga sukses strike ikan kwe besar (ikan kue / ikan kuwe), berikut fotonya :

Sukses strike ikan kwe bersama Km Bintang Fajar

Sukses strike ikan kwe bersama Km Bintang Fajar di hotspot mancing karang kroya I Fishing-Mancing.com

IMG-20160215-WA0007
IMG-20160215-WA0005

 

 

 

 

 

Status solunar untuk trip mancing diatas adalah sebagai berikut :

Tabel solunar Febauri 2016

Tabel solunar Febuari 2016 menunjukkan tanggal / hari terbaik untuk aktivitas mancing I Fishing-Mancing.com

Screenshot_2016-02-15-14-03-47 Screenshot_2016-02-15-14-04-02

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari tabel diatas, ternyata faktor lain selain dari solunar juga menyebabkan trip tanggal 13 Febuari 2016 menghasilkan strike ikan kwe yang lumayan besar. Tentu saja faktor keberuntungan pemancing yang jadi faktor yang paling menetukan. Ini menurut saya, teman yang lain belum tentu setuju.

Demikian yang dapat dibagikan, tidak banyak yang dapat saya ceritakan karena sudah “lupa” bagian kejadian yang lain karena sudah kelamaan.

Umpan mancing apa yang paling TOP dan bagaimana cara menggunakan umpan ini ? Ini yang akan penulis bagikan pada tulisan berikutnya, silakan disimak.

Salam Strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ssss

Posted in General | 1 Comment

Mancing Mania

Itenary mancing di Alor dari Taka Adventure I Fishing-Mancing.com

Itenary mancing ke Alor dari Taka Adventure I Fishing-Mancing.com

Mancing Mania selalu menampilkan berita mancing yang sungguh menggoda, ikan-ikan yang terus menerus makan / strike. Tayangan 30 menit dipenuhi dengan hasil strike ikan besar bahkan ikan ukuran monster. Bak sakit, saya jadi Demam Mancing Mania. Tayangan Mancing Mania inilah yang akhirnya menarik saya mem-targetkan bahwa saya harus mancing ikan besar ukuran monster, di laut, tapi dimana ?

Sesudah browsing dan search berbagai informasi di Mancing Mania, Berita Mancing, Fishy Forum, Forum KamiFC, Michael Risdianto Blog … akhirnya saya tentukan target : Mancing ikan monster di Alor / pulau Kambing. Dengan operator mancing yang sudah pasti bisa diandalkan yaitu Taka Adventure yang mempunyai Tag : Big Fish or Nothing at All …!   Menggunakan kapal mancing Kumala.

Rencana disusun, anggota dicari sehingga tanggal 11 sd 15 Desember 2015 sesuai proposal yang diterima dari Taka Adventure dipastikan team akan berangkat dan uang muka dibayarkan. Tiket dibeli :

Tiket mancing ke Alor I Fishing-Mancing.com

Tiket mancing ke Alor – Jakarta ke Kupang I Fishing-Mancing.com

Tiket mancing ke Alor I Fishing-Mancing.com

Tiket mancing ke Alor – Kupang ke Alor I Fishing-Mancing.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tips sebelum berangkat :

  • Lengkapi peralatan mancing anda terutama aksesori seperti :

Metal jig 300 gram – 800 gram , benang cadangan PE 6 atau yang lebih besar, rapala, mata pancing (ukuran besar), benang leader 60 lbs sd 130 lbs

  • Joran & Reel yang sesuai untuk Heavy Jigging & Light Jigging. Contoh yang dibawa :

Joran Jigging Smith PE 6 & Reel Accurate Boss Magnum,

Joran Shimano Jigwrex PE 6 & Reel Shimano Stella 10000,

Joran Shimano Jigwrex PE 3 & Reel Ryobi 6000

Jangan lupa makan Nasi Sei saat transit di Kupang dan menunggu  pesawat dari Kupang ke Alor, lokasinya ada di pintu masuk cek in sebelah kiri. Banyak warung berjejeran disitu, yang khas adalah masakan daging sapi (ada daging babi juga) yang dipotong tipis, diberi rempah dan madu (madu lokal dari Timor) lalu diasapi sampai matang. Rasanya mantap, gurih, lezat dan nikmat.

Bicara makanan, koki yang bertugas di kapal Kumala, sangat bisa diandalkan. Setiap makanan yang dihidangkan mengundang selera dan saat dicicip tidak mengecewakan, jika sudah dapat Ruby Snapper segera minta koki untuk masak gulai kepala ikan Ruby Snapper. Ini salah satu makanan yang sangat (baca lagi : sangaaat) disukai saya dan teman-teman.

Sekarang lokasi mancingnya :

Hot spot mancing di Alor I Fishing-mancing.com

Hot spot mancing di Alor I Fishing-mancing.com

Ada 3 pulau yang terlihat di peta yaitu pulau Kambing, pulau Rusa dan pulau Marisa, diantara ketiga pulau inilah kita mancing. Kapal bergesar ke kanan, ke kiri,  ke tengah menyesuaikan diri dengan kondisi arus dan lokasi ikan target berada.   Secar umum kondisi arus dilokasi ini memang sangat kuat dan saat tertentu metal jig 800 gram yang diturunkan oleh penulis tidak bisa mencapai dasar. Tapi dengan kondisi arus yang sangat kuat ini, ikan yang hidup diperairan ini juga menjadi sangat kuat, seperti olahragawan tarik tambang yang terlatih, saat strike kita akan merasakan tarikan ikan yang ekstra kuat jika dibandingkan dengan ikan berukuran sama ditempat lainnya.  Tapi memang inilah salah satu kenikmatan yang dicari pemancing.

Mancing 4 hari 3 malam, hasilnya pinggang sakit, tangan gemetaran karena kelelahan, kalau ikan sedang melawan sangat kuat terpikir juga “nyesel juga strike yang satu ini”  tapi setelah istirahat sebentar eh nyemplung jig lagi, nyari strike lagiii (hadee…..eh ! kapok-nya cuma sebentar saja). Beginilah mancing kalau sudah sampai taraf ketagihan strike.

Hasil strike mancing di Alor I Fishing-mancing.com

Hasil strike mancing di Alor – Tuna, Ruby Snapper I Fishing-mancing.com

Strike Ruby Snapper di hotspot mancing Alor I Fishing-mancing.com

Strike Ruby Snapper di hotspot mancing Alor I Fishing-mancing.com

Yanti sedang fight dengan Ruby Snapper Alor I Fishing-mancing.com

Yanti sedang fight dengan Ruby Snapper Alor I Fishing-mancing.com

Ikan Tuna dari hotspot mancing Alor I Fishing-mancing.com

Ikan Tuna dari hotspot mancing Alor I Fishing-mancing.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Double strike Ruby snapper di Alor I Fishing-mancing.com

Double strike Ruby snapper di Alor I Fishing-mancing.com

Lagi, strike lagi. Double strike dan triple strike dan Unfinish strike karena gangguan predator lainnya. Cek foto kepala ikan tuna diatas, dengan ukuran kepala sebesar itu kemungkinan berat tuna 40 kg dan saat fight berlangsung tiba-tiba tarikan menjadi sangat dahsyat sesaat lalu tiba-tiba menjadi lemah, saat ikan ditarik ternyata ikan tuna ini telah dicaplok ikan Hiu yang pastinya sangat besar karena bekas gigitan ikan hiu terlihat dari ujung kepala bagian atas yang berakhir dengan gigitan yang memutuskan tubuh ikan tuna ini. Menurut abk kapal terkadang hiu yang memcaplok ikan berhasil dinaikkan karena nyangkut dimata kail. Jika ukuran ikan hiu maksimal masih sama dengan lebar bagian dak belakang kapal maka hiu bisa diangkat tetapi kalau ukurannya lebih besar maka harus dirilis dengan cara menggunting tali leader.

Membayagkan ukuran hiu yang sebesar itu di kedalaman laut ini sempat membuat saya ngeri dan tidak berani mendekat ke tepian kapal,  hm .. hm gimana kalau si Hiu lompat dan caplok ?! Untunglah hal ini tidak terjadi.

Demikianlah penulis menyembuhkan demam mancing yang diakibatkan keseringan menonton tayangan Mancing Mania, sungguh bersyukur akhirnya demam ini mereda dan dapat disembuhkan. Semoga demam ini tidak kumat lagi dalam waktu dekat karena biaya untuk mengatasi demam ini sungguh lumayan besar juga.

Silakan cek juga tulisan berikutnya melalui link ini : Strike monster cumi dan ikan besar.

Salam Strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

Posted in General | 2 Comments

Rumpon ikan

Punya Rumpon Ikan ? Ini adalah pertanyaan yang termasuk kategori paling sering ditanya oleh pemancing yang ingin menyewa kapal mancing Km Bintang Fajar. Ini pertanyaan wajar karena pemancing  umumnya berpikir jika ada rumpon maka hasil pancing dan strike pasti akan dicapai.

Fishing-mancing.com dalam penyiapan batang pohon untuk rumpon ikan. Call 0818828526

Fishing-mancing.com dalam penyiapan batang pohon untuk rumpon ikan. Call 0818828526

Fishing-Manning.com mengangkut batang pohon untuk rumpon ke lokasi strategis. Call 0818828526

Fishing-Mancing.com mengangkut batang pohon untuk rumpon ke lokasi strategis. Call 0818828526

Sesuai fungsinya bahwa rumpon ikan buatan adalah alat yang sengaja ditenggelamkan ke dalam laut oleh manusia untuk memberi tempat kepada mikroorganisme yang lebih kecil untuk berkembang biak, mikroorganisme kecil ini menjadi makanan plankton yang selanjutnya menjadi makanan ikan yang kecil dan ikan yang kecil menjadi makanan ikan yang lebih besar. Ini menciptakan kondisi rantai makanan yang membuat ikan mau tinggal di rumpon ini. Jadilah rumpon disebut rumah buatan bagi ikan. Kurang lebihnya adalah rumpon menciptakan suasana kondusif seperti karang-karang dilaut yang menghasilkan makanan dan tempat sembunyi ikan sehingga rumpon disebut rumah buatan bagi ikan. Tidak heran jika mancing di rumpon akan berpotensi mendapatkan hasil seperti mancing di karang-karang yang menjadi rumah ikan.

Fishing-Mancing.com menyiapkan batu pemberat untuk rumpon pemikat ikan. Call 0818828526

Fishing-Mancing.com menyiapkan batu pemberat untuk rumpon pemikat ikan. Call 0818828526

Rumpon ikan dibuat dari beberapa komponen :

  • Pemberat atau jangkar, seperti batu karang atau batu kali, beton atau besi bekas mesin. Sesuai namanya pemberat adalah alat untuk menahan keseluruhan unit rumpon agar tetap berada dilokasi dan tidak berpindah tempat karena terbawa arus.
  • Pemikat atau bangunan rumah ikan, seperti ban bekas, batang kelapa, batang pohon beserta dahan dan daun atau bekas kapal yang sengaja dibuatkan bangunan seperti pondok kecil dengan bahan bambu / batang pohon, diberi tambahan daur kelapa atau nyiur dalam posisi berdiri (tanpa atap).
  • Pengikat / tali temali, untuk menyatukan semua komponen menjadi satu unit rumpon. Pengikatan yang dibuat dengan tali ini akan membuat unit rumpon berdiri mengikuti struktur yang diinginkan kita dengan bantuan pelampung. Biasanya tali yang digunakan adalah tali yang kuat dan tahan lama.
  • Pelampung, untuk membuat struktur bangunan rumpon berdiri mengikuti metode kita dalam menyusun dan mengikat unit komponen unit rumpon. Pelampung sering dibuat dengan menjahit bahan terpal yang diisi dengan bahan stereoform.
Fishing-Mancing.com menyiapkan daun kelapa ? myiur untuk rumpon. Call 0818828526

Fishing-Mancing.com menyiapkan daun kelapa ? myiur untuk rumpon. Call 0818828526

Penulis menggunakan bahan yang sederhana untuk membuat unit rumpon seperti :  Pemberat memakai batu kali. Pemikat bisa dari bekas kapal, ban mobil, batang pohon beserta dahan ranting dan daun atau daun kelapa / nyiur.  Seperti inilah bahan yang dipakai untuk membuat rumpon ikan oleh penulis.

Rumpon juga perlu dirawat yaitu dengan menambahkan unit rumpon yang sudah jadi dengan satuan yang lebih kecil yaitu hanya batang pohon beserta dahan dan daun atau daun pohon kelapa  dengan pemberatnya.

Sudah ada beberapa unit rumpon yang dibuat dari dulu sampai yang terakhir ini, kembali kepertanyaan awal pemancing, apakah ada rumpon berarti pasti akan suskses hasil mancingnya ? Ternyata tidak juga. Banyak faktor lainnya yang mempengaruhi, menurut saya yang paling penting adalah faktor keberuntungan (mungkin yang lain belum tentu setuju dengan pernyataan saya), kalau lagi beruntung :  arus jelek, suhu air dingin, cuaca tidak mendukung tapi pulang bawa ikan hasil pancingan juga. Jika lagi tidak milik, semua faktor pendukung sudah baik, tetap tidak pulang bawa ikan hasil pancingan.

Fishing-Mancing.com sedang melepaskan rumpon dari batang pohon ke laut. Call 0818828526

Fishing-Mancing.com sedang melepaskan rumpon dari batang pohon ke laut. Call 0818828526

Jadi lebih baik banyak berdoa dan mancing supaya trip mancing anda diberkati dan terakhir mancing sukses strike  atau tidak sukses strike yang penting adalah kebersamaan & keselamatan saat trip mancing dilangsungkan.

Tulisan selanjutnya bisa terjadi karena kebanyakan nonton tayangan Mancing Mania sehingga penulis jadi demam mancing ikan – ikan besar sekelas tayangan Mancing Mania.

Silakan nikmati cerita mancing di perairan Alor yang sangat terkenal dengan ikan – ikan besar di halaman Mancing Mania ini.

Salam Strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

 

Posted in General | 1 Comment

Mancing ikan monster di Lembah Gunung Kujang

Mancing ikan monster di Lembah Gunung Kujang sudah masuk daftar impian saya karena baca postingan teman-teman di fishy forum dan forum lainnya. Ikan ikan ukuran monster dengan frekuensi strike yang banyak dan kekuatan tarikan yang lumayan di kolam pancing ini tentu saja sangat menarik hati  walaupun biasanya saya kurang suka mancing di kolam.

Referensi untuk membawa joran dan reel yang dengan kekuatan yang sama seperti yang saya pakai waktu mancing di laut kepulauan seribu membuat saya berpikir pasti tarikan ikan monster ini lumayan dahsyat walaupun mancingnya di kolam saja.

Segera setelah melakukan on line survey dan mendapatkan cukup informasi sebagai berikut :

Alamat Lembah Gunung Kujang. Cijambe-Subang :
Jalan Raya Gunung Tua No.11 Km.8, Cijambe-Subang – Jawa Barat.

Koordinat : 6.37.36.s – 107.43.17.e

Tlp : 0260-7422771. CP : Deni 081311490999, Jejen 08529585858, Heti 085720439907
Lembah Gunung Kujang juga dapat di kenali di WAZE
Tiket ikan monster CnR Rp. 150.000,- / hari.
Jenis ikan monster : Arapaima, Gabus toman, Lele Dumbo, Patin, Bawal, Genghis Khan, Red Tail Catfish, Leopard Catfish, Aligator Spatula dan lain-lain.
Di Lokasi juga ada Kolam Pancing Keluarga (Kilo angkat), Kolam Galatama Ikan Mas, Hotel & Restoran.
Tarif Hotel pada hari biasa berkisar di rp 250rb – 400rb (khusus hari Raya naik)

maka saya putuskan mengunjungi kolam ini pada tanggal 18 Juli 2015 bersama istri dan anak saya, membawa 3 set joran & reel yang dipasangkan sebagai berikut :

  1. Joran Shimano Bass One & Reel Ryobi Navigator 5500 & tali braided PE 3
  2. Joran Penn Power Graph PSG 6855 & Reel Daiwa Freams 3000 & tali braided PE 3
  3. Joran Shimano Jigwrex S5103 & Reel Ryobi AP Power 8000 & tali braided PE 6

Mata kail yang dipakai ternyata butuh ukuran yang cukup besar dan kuat karena strike pertama mata kailnya langsung bengkang dan perlu diperhatikan bahwa mata kail di kolam monster ini wajib Barbless atau mata kailnya wajib dihilangkan bagian kaitnya. Disarankan juga pakai leader kawat baja karena di kolam ini ada ikan Bawal yang pasti memutuskan senar leader dengan giginya yang tajam seperti silet.  Agar jelas silakan simak foto mata kail yang saya pakai dan rangkaian leadernya :

Mata kail barbless yang wajib dipakai di kolam monster LGK

Mata kail barbless yang wajib dipakai di kolam monster LGK

Mata kail yang paling atas bengkang saat strike pertama ikan patin,  karena itu langsung saya pensiunkan.

Mata kail yang paling bawah atau yang paling besar dipakai untuk menaklukkan ikan Arapaima dengan berat 24 kg (tidak ditimbang, menurut kesaksian kedi kolam).

Umpan untuk tiap target jenis ikan beda-beda, sebaiknya bawa banyak roti kualitas terbaik. Kenapa kualitas terbaik ? Karena roti kualitas terbaik mudah di bentuk dan tidak mudah hancur di air. Siapkan roti tawar, roti keju, karena ikan patin ini menunya suka berbeda, kadang roti tawar, kadang roti keju. strike pakai roti tawar atau roti keju.

Di kolam sudah disediakan pelet, tetapi campuran pelet sebaiknya dibawa sendiri, campuran / essence yang dibawa yang beraroma nangka, vanila, choya dan lain-lain. Beda hari juga beda aroma jadi perlu nyoba-nyoba juga.

Untuk target ikan lele sebaiknya pakai cacing dan jangkrik. Jangrik nya dibakar dan dibuang dulu kaki-kakinya. Untuk cacing & jangkrik wajib dibawa sendiri, di LGK tidak ada.

Untuk target ikan bawal, ikan Arapaima, ikan predator lainnya bisa menggunakan ikan kecil hidup , sangat saya sarankan bawa ikan mas merah ukuran 10 cm dari rumah karena yang disediakan / dijatah per paket 10 ekor ikan tapi warnanya hitam semua. Yang merah barang langka. Potensi strike lebih besar jika warna ikan umpan kita merah menyala minaret kedi disana.

Ikan red tail saya perhatikan suka nyaplok potongan daging sapi. Ada pemancing yang sering strike Red Tail ini dan saya cek ternyata umpannya adalah daging sapi.

Ada satu lagi umpan yang Arapaima juga nyaplok dari pengalaman saya, entah memang doyan atau Arapaimanya lagi iseng, umpan ini adalah insang ikan mas, yang seger dan masih berdarah-darah. Insang ini bisa diminta dari restoran yang ada di LGK.

Terakhir saya sarankan membawa tempe & bakwan sesuai anjuran kedi. Kadang ikan tidak doyan yang lain tapi bisa strike dengan tempe & bakwan ini.

Semua sudah siap joran & reel berikut mata kail plus umpan sudah diset, selanjutnya adalah lempar … nunggu diam lalu Strike, lempar lagi nunggu diam dan Strike lagi, demikian berulang ulang, tetapi yang naik patin dan patin. Sampai umpan roti habis. Ganti umpan cacing : lempar, nunggu lagi lalu Strike, kali ini Lele, lalu Lele lagi dan lagi. Bosan dengan Lele, saya ganti umpan lain lagi untuk cari predator lainnya.

Ada 1 joran dengan umpan ikan hidup yang saya takdirkan untuk target ikan Arapaima, yang satu ini diam aja dari tadi… sampai satu ketika waktu lagi dicek ikan umpannya masih hidup atau tidak, mendadak joran melengkung, …. Strike. Wah yang ini berat juga ya pikir saya …. tapi fight terus, beruntung ikan tidak lari menyeberang kolam dari kanan ke kiri. Saya berada diposisi paling kanan kolam, kebayangkan klu ikan lari ke ujung paling kiri ?, bisa diomelin teman lain yang lagi mancing. Begitu ikan mulai lelah dan naik ke permukaan, terlihat seekor Arapaima mengikuti arah joran bergerak, selanjutnya ikan berhasil didaratkan.

Sebenarnya ada 1 strike keras yang saya perkirakan adalah Arapaima ukuran besar mungkin 40 kg atau 80 kg  karena terlihat gelombang atau riak air-nya khas Arapaima, ikan ini strike di sisi kanan dan menyeberang ke sisi kiri, karena di ujung paling kiri ada kelompok pemancing lain, saya berusaha mengendalikan ikan dan mengetatkan drag rell Ryobi. Hasilnya “tess” tali Leader putus …. nyesel deh kenapa tidak ngikutin ikan saja ke kiri harusnya ikan bisa naik dan foto dengan ikan besar.

Saya senang melihat kolam LGK punya persiapan yang baik dalam operasional, setiap ikan yang landed sudah disiapkan serokan dengan ukuran yang cocok, bahkan Arapaima panjang sekitar 1,5 m sd 1,7 m itu sudah ada serokannya sendiri. Begitu mendarat sudah disiapkan juga bantalan busa supaya sisik ikan tidak terluka. Ikan yang luka dimulutnya parah sebelum dikemablikan ke kolam diremdan dulu dalam larutan obat seperti PK (kalium permangat) atau Methylene Blue agar luka ikan tidak terinfeksi dan cepat pulih. Ikan yang lebih parah luka dan terlihat tidak stabil dipelihara dulu dikolam pemulihan. Ini standar operasional kolam pemancingan yang baik. Bravo LGK.

Berikut adalah foto-foto hasil mancing di LGK :

.

Fishing-Mancing.com menaklukkan monster patin. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com dan patin pertama yang tak terlupakan. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com dengan monster patin pertama di LGK. Call 0818828526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

selanjutnya dengan ikan monster yang paling diharapkan :

.

Fishing-Mancing.com bersama Thalia fight pertama dengan Arapaima. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com bersama Arapaima yang berhasil ditaklukkan Thalia. Call 0818828526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Fishing-Mancing.com berhasil menaklukkan monster Arapaima seberat 24 kg. Call 0818828526

Strike ikan ikan monster di LGK ternyata memang menantang, tarikan patin dan lele dengan kisaran berat 6 kg – 8 kg memang tidak mengecewakan. Monster bawal walau ukurannya lebih kecil juga punya tarikan yang bagus. Bayangkan saja reel yang dipaksa melepaskan tali karena ditarik ikan ikan monster. Tentu saja setting drag di reel juga diset dilevel yang pantas.

 

Tapi dari A ke Z, pengalaman mancing di LGK menyenangkan buat kami, urusan makan juga mudah, tinggal pesan ke restoran. Malamnya karena masih ingin mancing akhirnya kami putuskan mencoba fasilitas hotel. Satu bangunan ada 2 lantai, lantai pertama bisa diisi 2 ekstra bed dan lantai 2 ada ranjang yang bisa diisi maksimal 3 orang.

Ada satu lagi kelebihan mancing di LGK, karena badan sudah penat fight dengan ikan monster, saya bermobil ke Sari Ater yang berjarak sekitar setengah jam dari LGK, berendam air panas sampai puas lalu kembali ke LGK dan lanjut mancing lagi.

Inilah cerita mancing dari kolam ikan monster LGK. Silakan dicoba & dinikmati.

Tulisan selanjutnya mengenai Rumpon Ikan, berkenaan dengan musim angin barat, untuk  mancing kurang kondusif  dan kapal tidak banyak disewa maka kegiatan kami adalah merawat rumpon yang sudah ada dan menambah rumpon baru. Silakan cek di Rumpon penarik ikan  ini.

Salam strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

Posted in General | 3 Comments

Strike ikan kaci-kaci

Team Bp Reza berhasil strike banyak ikan kaci-kaci pada trip tanggal 4/12/2015 bersama Km Bintang Fajar 1. Menurut Solunar persepsi keberhasilan adalah 70%, menurut solunar jam makan ikan (Major time) jam 4.10 sd 7.10 wib dan 16.23 sd 19.23 wib dan Jam makan ikan (Minor time) jam 10.44 sd 12.44 wib. Lihat persepsi keberhasilan mancing menurut tabel solunar dibawah ini :

Ramalan waktu terbaik mancing di laut Tanjung pasir menurut solunar I Fishing-Mancing.com

Ramalan waktu terbaik mancing di laut Tanjung pasir menurut solunar I Fishing-Mancing.com

Cuaca cukup bersahabat, arus lemah ke sedang.

Sukses strike ikan kaci dal am trip bersama Km Bintang Fajar

Sukses strike Ikan Kaci-kaci bersama Km Bintang Fajar I Fishing-mancing.com

Strike ikan kaci-kaci bersama Km Bintang Fajar

Strike ikan kaci-kaci bersama km Bintang Fajar I Fishing-mancing.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sukses strike mancing dilaut tanjung pair bersama Km Bintang Fajar i Fishing-mancing.com

Sukses strike mancing dilaut tanjung pair bersama Km Bintang Fajar Fishing-mancing.com

Sebearnya dari pengalaman penulis, sering terjadi juga Solunar sudah bagus tapi hasil mancing dilaut kurang dan sebaliknya saat Solunar memberikan sinyal kurang bagus tetapi hasil mancingnya malah bagus. Yang pasti adalah rejekinya apakah sedang bagus atau tidak bagus dan rejeki ini hanya Allah yang tahu kepastiannya.

Tulisan yang selanjutnya sedikit menyimpang dari laut tetapi tetap mancing dan strike, saya sempat membaca cerita mancing ikan-ikan monster di kolam pancing Lembah Gunung Kujang. Ceritanya sungguh menarik dan mengugah semangat, saya putuskan suatu hari harus mencoba sendiri dan terjadilah di bulan Juli 2015 akhirnya saya mengunjungi kolam LGK, silakan simak ceritanya di sini.

Cek juga di tulisan di face book kami.

By Tamanto Fajar

 

Posted in General | 1 Comment

Team CFC strike ikan kuwe bersama KM Bintang Fajar

Rencana mengisi cuti panjang bersama di minggu terakhir bulam Mei ini kami  dari Chevy Fishing Club (PT. General Motor Indonesia Manufacturing) merencanakan yang ke 2 kali nya, yang pertama kami lakukan dari Kamal, sekarang setelah browsing dan seraching baik dari Majalah dan Referensi teman, kami memutuskan untuk menggunakan KM Bintang Fajar dan trip ini kita pilih ke sekitar perairan Pulau Pari.

Sekilas tentang Chevy Fishing Club (CFC) adalah dari berkumpul dan bertemunya beberapa karyawan yang hobby mancing ke laut, yang hobby mancing daratan sih banyak juga. Nah untuk CFC kita focuskan untuk ke laut, yang daratan kita akan himpun dan wadahi juga di CFC.

Setelah kontak dengan Pak Fajar pemilik KM Bintang Fajar dan berdiskusi tentang hari baik buat fishing di tentukan lah tanggal 27 Mei 2014 dan langsung saya booking KM Bintang Fajar.

Di hari H nya kami ber 6 yaitu : Saya / Idwansyah, Pak Novi S, Rohmad, Wahyu,Awaludi, Suryadi. Janjian untuk berangkat dari rumah masing2 jam 2 pagi (saya dari Bogor dan yang lain dari Bekasi, Manggarai, Rawamangun) titik pertemuan di STM 3 Jatinegara. Setelah komplit jam 3 pagi kita lanjutkan berkendara ke Dermaga Beton Tanjung Pasir, sampai di sana pukul 03:50 dan ternyata parkiran di sekitar pelelangan sudah cukup penuh dan banyak yang akan trip mancing juga.

Saya kontak Kapten Saman untuk bantu bawa barang dan setelah load semua perlengkapan dan perbekalan kita langsung berangkat pukul 04:20 menuju spot perairan pulau Pari. Begitu tiba di spot kami langsung sibuk menyiapkan gear masing2, di bantu oleh 3 ABK yang cekatan dan sudah mahir dengan trip-trip mancing (sangat membantu dan memuaskan). Sang kapten dengan menggunakan GPS dan Fish findernya segera memposisikan kapal di hotspot (tandes dan rumpon) andalan yang mereka punyai.

Team CFC in action di KM Bintang Fajar di hotspot pulau Pari | Fishing-mancing.comn

Team CFC in action di KM Bintang Fajar di hotspot pulau Pari Tanjung Pasir | Fishing-mancing.com

Sekitar 40 menit kita coba spot pertama hasilnya masih ikan yang kecil-kecil dan kapten memutuskan pindah spot lagi, hasilnya masih belum bagus juga karena ikan masih sebesaran ikan Nemo saja, sama kotrekan sih masih oke tetapi target ikan kuwe masih belum didapatkan, tetapi  Sang kapten Saman tidak menyerah untuk mencarikan spot buat kami yang ramai ikannya, jadi kita berpindah lokasi lagi.

Karena masih pada newbie ke laut saya dan Pak Novi masih kena mabuuk laut, padahal sudah meminum pil dramamine. Terpaksa saya tepar dan ambil posisi tiduran tetapi sampai jam makan siang rasa pusing dan mual masih melanda, Sempat beberapa kali jackpoot tapi masih belum meredakan mual dan pusingnya. Tidak lama ABK bagian dapur selesai memasak makan siang buat kita, tentunya dengan ikan hasil tangkapan, serta menu andalan ikan masak bumbu kuning asem pedasnya. Saya dan pak Novi tidak berani makan banyak2 karena masih mual dan takut jackpot lagi. Tapi ternyata resep bumbu kuning itu membuat saya dan pak Novi hilang mual dan pusingnya. Sangat mantab sehingga kami berdua bisa melanjutkan mancingnya.

Team CVC menikmati menu pindang kuning di KM Bintang Fajar | Fishing-mancing.com

Team CVC menikmati menu pindang kuning di KM Bintang Fajar | Fishing-mancing.com

Pada waktu sudah pukul 14:00 wib kapten cari spot baru dan menurutnya saat mulai sore itu ikan kuwe mulai mau makan, ternyata benar kami mulai bertubi-tubi strike ikan kue sekitar ukuran 1 Kg = 3 ekoran ikan dan serunya lagi saat kita ngotrek ikan selar malah yang di dapat adalah sambaran ikan kuwe dan semua merasa senang. Ada juga yang menggunakan rangkaian biasa dengan memakai udang kupas dan cumi. Keseruan makin ramai karena CFC menyediakan satu joran Shimano Cruzer buat siapa yang mendapat ikan terberat. Kita mancing di spot tersebut sampai pukul 17:00 wib sampai akhirnya sang kapten menyarankan untuk segera mengakhiri trip.

Total ikan kuwe ada sekitar 30 han ekor yang kami dapat dan semua team kebagian strike ikan kuwe ini dan tak terhitung ikan ikan kembung, kurisi, kerapu dan selar yang kami dapatkan. Alhamdulillah masing-masing membawa ikan sekitar 5 kiloan dalam kantong plastik besar. Semua happy dengan hasil tangkapan trip kali ini.

Team CVC strike ikan kuwe bersama KM Bintang Fajar | Fishing-mancing.com

Team CVC strike ikan kuwe bersama KM Bintang Fajar | Fishing-mancing.com

Pemenang hadiah joran Shimano Cruzer dengan ikan terberat dan terbesar adalah Awaludin dengan ikan kuwe seberat 2 Kg.

Ikan kuwe terbesar di Trip CFC Mei 2014 di Pulau Pari

Ikan kuwe terbesar di Trip CFC Mei 2014 dipulau pari bersama KM Bintang Fajar I Fishing-mancing.com

Terimaksih buat Kapten Saman dan ABK nya atas trip yang lumayan berhasil buat kami yang newbie. Juga Pak Fajar selaku pemilik KM Bintang Fajar. Next trip Insyaallah kita akan menggunakan KM Bintang Fajar kembali.

Sekian Review singkat kami, sampai kepada hasil laporan Next Trip.

Best Regards

Idwansyah

Chevy Fishing Club (CFC)

PT. General Motor Indonesia Manufacturing

Cek juga cerita kami yang berikutnya dalam trip Sukses strike banyak ikan kaci-kaci.

Di posting  :

“By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

 

Posted in General | 1 Comment

Strike GT dengan popper di Karang Panjang

Strike GT dengan popper di Karang Panjang bersama KM Bintang Fajar
Bulan lalu tepatnya 6 April 2014 kami mengadakan trip mancing bersama dengan teman-teman semasa sekolah bersama KM Bintang Fajar, sangat puas dengan service dari para abk yg gesit & kapten Saman yg ahli mencari spot-spot mancing.
Tanggal 10 Mei 2014 hari Sabtu kemarin kami mengadakan trip mancing lagi dan untuk kedua kalinya kami puas dari hasil mancing & service KM Bintang Fajar.

Tim mancing :

Team pancing Bp Reza dan teman teman sekolah di KM Bintang Fajar

Team pancing Bp Reza dan teman teman sekolah di KM Bintang Fajar Mei 2014

1. Reza (saya)
2. Ihsan
3. Faisal
4. Sulthan
5. Arifin
6. Anwar
7. Yakub
Kapal : KM Bintang Fajar
Kapten : Saman
ABK : 3 orang

Hot Spot : Sekitar Pulau Bokor & Pari

Hasil Mancing : 1 coolbox & 1 kotak gabus penuh.

Popping strike GT di Karang Panjang

Popping strike GT di Karang Panjang sekitar Pulau Pari dan Bokor bersama KM Bintang Fajar

Total sekitar 70-80 ekor + seekor Lemadang
Yang paling berkesan pada trip kali ini.
Setelah seharian mancing, saya minta ke Kapten
untuk menuju spot yang bagus buat Popping sebagai penutup trip ini.
Setelah sampai di spot, tanpa basa basi saya mulai memainkan popper.
Setelah 3 kali lempar langsung strike & berhasil mendapatkan
GT untuk pertama kalinya.
Terimakasih Kapten !
Foto bersama hasil pancingan

Foto bersama hasil pancingan di hotspot Pari dan Bokor

Demikian cerita yang saya dapatkan dari Pak Rozi melalui email.
Cerita ini saya sampaikan di blog mancing ini setelah dieedit sedikit supaya lebih optimal untuk Search Engine.
Terima kasih saya ucapkan kepada Bp reza dan team yang telah menggunakan KM Bintang Fajar dan bersedia membagikan cerita dan foto sehingga halaman ini bisa ada disini.
Blog mancing selanjutnya “Team Chevy Fishing Community (CFC)” dari PT. General Motor Indonesia Manufacturing.
Salam strike !
Posted in General | 1 Comment

KM Bintang Fajar servisnya bagus

Terima kasih buat KM Bintang Fajar beserta abk yang telah memberikan servis yang bagus, terimakasih juga buat Bang Tamanto Fajar yang punya kapal. Kapalnya nyaman, buat tidur juga enak banget, kemarin tanggal 15 April 2014 kami mancing bertiga yaitu :

1. Ghanda (saya)

2. Ryank,

3. Andi.

Kapal : KM Bintang Fajar

Kapten : Bapak Saman

ABK : 3 orang

Berangkat dari : Dermaga Beton pelelangan ikan Tanjung Pasir Tangerang

Hot Spot : Karang Keroya ( dekat Pulau Kotok),  Pulau Tikus dekat Pulau Pari.

Hasil Mancing : 1 ember ikan kue kira-kira ada 50 ekoran, itu belum terhitung dengan yang sudah dibagikan ke temen-temen sekitar setengah karung,

Maaf tidak sempat foto-foto di kapal karena capek ladeni strike ikan kuek sama kerapu yang sangat banyak. Ada juga ikan yang lain buat hiburan tambahan yaitu : ikan baracuda, Baronang tompel, ikan ekor kuning dan ikan karang lainnya. Karena capek strike terus begitu sampai darat maunya cepet pulang bersih2 badan, jadi lupa foto-foto. Sekali lagi thank you buat Bang Fajar dan Pak Saman serta abk. Next time saya akan mancing lagi dengan kalian.

Ini difoto setelah di rumah :

Ikan kue hasil pancing dari karang Keroya Pulau Kotok bersama KM Bintang Fajar

Ikan kue hasil pancing dari hotspot karang Keroya Pulau Kotok bersama KM Bintang Fajar

 

 

 

 

 

 

Tulisan diatas saya sadur dari email Pemancing / Bp Ghanda dengan sedikit editan disana sini untuk lebih mengoptimalkan bahasa di search engine atau bahasa kerennya SEO.

Saya juga berterimaksih pada Pak Ghanda dan kawan-kawan yang telah memberikan foto dan sedikit tulisan untuk blog mancing ini.

Berikutnya adalah cerita dari Bp Reza yang berhasil strike GT dengan popper di hotspot Karang Panjang bersama KM Bintang Fajar.

Salam Strike,

“By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

 

Posted in General | 1 Comment

Wisata mancing bersama keluarga

Kegiatan wisata bersama keluarga adalah kegiatan yang sangat penting, selain menghilangkan kepenatan kerja selama seminggu kegiatan ini menambah keakraban dan kedekatan dalam keluarga. Wisata mancing bersama keluarga adalah salah satu pilihannya.

Bayangkan ayah, ibu dan anaknya yang bergembira bersama saat mancing, kegembiraan dan kebanggaan seorang anak yang berhasil strike ikan kue ukuran hampir 2 kg dan strike kakap merah ukuran hampir 1 kg dan juga berhasil menaklukkan ikan ini. Tentu saja dibarengi kebahagiaan seorang ayah dan ibu yang sempat harap-harap cemas melihat anaknya strike dan berusaha mengatasi tantangan ini.

Kali ini topik wisata mancing bersama anak akan saya ceritakan dengan foto, silakan dinikmati :

Ini ikan kakap hasil pancingan saya
Ini ikan kakap hasil pancingan saya bersama KM Bintang Fajar
Ikan kue hasil pancingan saya bersama KM Bintang Fajar

Ikan kue hasil pancingan saya di Tanjung Pasir bersama KM Bintang Fajar

.

 

 

 

 

 

 

 

.

.

Ibu yang bangga dengan hasil pancingan anak
Ibu yang bangga dengan hasil pancingan anak di Tanjung Pasir bersama KM Bintang Fajar
Ayah yang bangga menunjukkan ikan kakap dan kue hasil pancing anak-nya

Ayah yang bangga menunjukkan ikan kakap dan kue hasil pancing anak-nya bersama KM Bintang Fajar

.

 

 

 

 

 

 

 

Demikian yang dapat saya ceritakan dengan foto diatas, karena kebahagiaan yang terpancar dari foto keluarga ini sulit ditulis dengan kata-kata.

Dalam kesempatan berikutnya saya mencoba menggunakan tulisan dari pemancing yang dikirimkan melalaui email kepada saya, dengan warna tulisan dari orang yang berbeda saya mencoba menyegarkan blog mancing ini. Silakan dinikmati tulisan  “KM Bintang Fajar servisnya bagus” ini.

Salam Strike,

“By Tamanto Fajar” 0818.828.526

Posted in General | 1 Comment