Mancing ikan monster di Lembah Gunung Kujang

Mancing ikan monster di Lembah Gunung Kujang sudah masuk daftar impian saya karena baca postingan teman-teman di fishy forum dan forum lainnya. Ikan ikan ukuran monster dengan frekuensi strike yang banyak dan kekuatan tarikan yang lumayan di kolam pancing ini tentu saja sangat menarik hati  walaupun biasanya saya kurang suka mancing di kolam.

Referensi untuk membawa joran dan reel yang dengan kekuatan yang sama seperti yang saya pakai waktu mancing di laut kepulauan seribu membuat saya berpikir pasti tarikan ikan monster ini lumayan dahsyat walaupun mancingnya di kolam saja.

Segera setelah melakukan on line survey dan mendapatkan cukup informasi sebagai berikut :

Alamat Lembah Gunung Kujang. Cijambe-Subang :
Jalan Raya Gunung Tua No.11 Km.8, Cijambe-Subang – Jawa Barat.

Koordinat : 6.37.36.s – 107.43.17.e

Tlp : 0260-7422771. CP : Deni 081311490999, Jejen 08529585858, Heti 085720439907
Lembah Gunung Kujang juga dapat di kenali di WAZE
Tiket ikan monster CnR Rp. 150.000,- / hari.
Jenis ikan monster : Arapaima, Gabus toman, Lele Dumbo, Patin, Bawal, Genghis Khan, Red Tail Catfish, Leopard Catfish, Aligator Spatula dan lain-lain.
Di Lokasi juga ada Kolam Pancing Keluarga (Kilo angkat), Kolam Galatama Ikan Mas, Hotel & Restoran.
Tarif Hotel pada hari biasa berkisar di rp 250rb – 400rb (khusus hari Raya naik)

maka saya putuskan mengunjungi kolam ini pada tanggal 18 Juli 2015 bersama istri dan anak saya, membawa 3 set joran & reel yang dipasangkan sebagai berikut :

  1. Joran Shimano Bass One & Reel Ryobi Navigator 5500 & tali braided PE 3
  2. Joran Penn Power Graph PSG 6855 & Reel Daiwa Freams 3000 & tali braided PE 3
  3. Joran Shimano Jigwrex S5103 & Reel Ryobi AP Power 8000 & tali braided PE 6

Mata kail yang dipakai ternyata butuh ukuran yang cukup besar dan kuat karena strike pertama mata kailnya langsung bengkang dan perlu diperhatikan bahwa mata kail di kolam monster ini wajib Barbless atau mata kailnya wajib dihilangkan bagian kaitnya. Disarankan juga pakai leader kawat baja karena di kolam ini ada ikan Bawal yang pasti memutuskan senar leader dengan giginya yang tajam seperti silet.  Agar jelas silakan simak foto mata kail yang saya pakai dan rangkaian leadernya :

Mata kail barbless yang wajib dipakai di kolam monster LGK

Mata kail barbless yang wajib dipakai di kolam monster LGK

Mata kail yang paling atas bengkang saat strike pertama ikan patin,  karena itu langsung saya pensiunkan.

Mata kail yang paling bawah atau yang paling besar dipakai untuk menaklukkan ikan Arapaima dengan berat 24 kg (tidak ditimbang, menurut kesaksian kedi kolam).

Umpan untuk tiap target jenis ikan beda-beda, sebaiknya bawa banyak roti kualitas terbaik. Kenapa kualitas terbaik ? Karena roti kualitas terbaik mudah di bentuk dan tidak mudah hancur di air. Siapkan roti tawar, roti keju, karena ikan patin ini menunya suka berbeda, kadang roti tawar, kadang roti keju. strike pakai roti tawar atau roti keju.

Di kolam sudah disediakan pelet, tetapi campuran pelet sebaiknya dibawa sendiri, campuran / essence yang dibawa yang beraroma nangka, vanila, choya dan lain-lain. Beda hari juga beda aroma jadi perlu nyoba-nyoba juga.

Untuk target ikan lele sebaiknya pakai cacing dan jangkrik. Jangrik nya dibakar dan dibuang dulu kaki-kakinya. Untuk cacing & jangkrik wajib dibawa sendiri, di LGK tidak ada.

Untuk target ikan bawal, ikan Arapaima, ikan predator lainnya bisa menggunakan ikan kecil hidup , sangat saya sarankan bawa ikan mas merah ukuran 10 cm dari rumah karena yang disediakan / dijatah per paket 10 ekor ikan tapi warnanya hitam semua. Yang merah barang langka. Potensi strike lebih besar jika warna ikan umpan kita merah menyala minaret kedi disana.

Ikan red tail saya perhatikan suka nyaplok potongan daging sapi. Ada pemancing yang sering strike Red Tail ini dan saya cek ternyata umpannya adalah daging sapi.

Ada satu lagi umpan yang Arapaima juga nyaplok dari pengalaman saya, entah memang doyan atau Arapaimanya lagi iseng, umpan ini adalah insang ikan mas, yang seger dan masih berdarah-darah. Insang ini bisa diminta dari restoran yang ada di LGK.

Terakhir saya sarankan membawa tempe & bakwan sesuai anjuran kedi. Kadang ikan tidak doyan yang lain tapi bisa strike dengan tempe & bakwan ini.

Semua sudah siap joran & reel berikut mata kail plus umpan sudah diset, selanjutnya adalah lempar … nunggu diam lalu Strike, lempar lagi nunggu diam dan Strike lagi, demikian berulang ulang, tetapi yang naik patin dan patin. Sampai umpan roti habis. Ganti umpan cacing : lempar, nunggu lagi lalu Strike, kali ini Lele, lalu Lele lagi dan lagi. Bosan dengan Lele, saya ganti umpan lain lagi untuk cari predator lainnya.

Ada 1 joran dengan umpan ikan hidup yang saya takdirkan untuk target ikan Arapaima, yang satu ini diam aja dari tadi… sampai satu ketika waktu lagi dicek ikan umpannya masih hidup atau tidak, mendadak joran melengkung, …. Strike. Wah yang ini berat juga ya pikir saya …. tapi fight terus, beruntung ikan tidak lari menyeberang kolam dari kanan ke kiri. Saya berada diposisi paling kanan kolam, kebayangkan klu ikan lari ke ujung paling kiri ?, bisa diomelin teman lain yang lagi mancing. Begitu ikan mulai lelah dan naik ke permukaan, terlihat seekor Arapaima mengikuti arah joran bergerak, selanjutnya ikan berhasil didaratkan.

Sebenarnya ada 1 strike keras yang saya perkirakan adalah Arapaima ukuran besar mungkin 40 kg atau 80 kg  karena terlihat gelombang atau riak air-nya khas Arapaima, ikan ini strike di sisi kanan dan menyeberang ke sisi kiri, karena di ujung paling kiri ada kelompok pemancing lain, saya berusaha mengendalikan ikan dan mengetatkan drag rell Ryobi. Hasilnya “tess” tali Leader putus …. nyesel deh kenapa tidak ngikutin ikan saja ke kiri harusnya ikan bisa naik dan foto dengan ikan besar.

Saya senang melihat kolam LGK punya persiapan yang baik dalam operasional, setiap ikan yang landed sudah disiapkan serokan dengan ukuran yang cocok, bahkan Arapaima panjang sekitar 1,5 m sd 1,7 m itu sudah ada serokannya sendiri. Begitu mendarat sudah disiapkan juga bantalan busa supaya sisik ikan tidak terluka. Ikan yang luka dimulutnya parah sebelum dikemablikan ke kolam diremdan dulu dalam larutan obat seperti PK (kalium permangat) atau Methylene Blue agar luka ikan tidak terinfeksi dan cepat pulih. Ikan yang lebih parah luka dan terlihat tidak stabil dipelihara dulu dikolam pemulihan. Ini standar operasional kolam pemancingan yang baik. Bravo LGK.

Berikut adalah foto-foto hasil mancing di LGK :

.

Fishing-Mancing.com menaklukkan monster patin. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com dan patin pertama yang tak terlupakan. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com dengan monster patin pertama di LGK. Call 0818828526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

selanjutnya dengan ikan monster yang paling diharapkan :

.

Fishing-Mancing.com bersama Thalia fight pertama dengan Arapaima. Call 0818828526

.

Fishing-Mancing.com bersama Arapaima yang berhasil ditaklukkan Thalia. Call 0818828526

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Fishing-Mancing.com berhasil menaklukkan monster Arapaima seberat 24 kg. Call 0818828526

Strike ikan ikan monster di LGK ternyata memang menantang, tarikan patin dan lele dengan kisaran berat 6 kg – 8 kg memang tidak mengecewakan. Monster bawal walau ukurannya lebih kecil juga punya tarikan yang bagus. Bayangkan saja reel yang dipaksa melepaskan tali karena ditarik ikan ikan monster. Tentu saja setting drag di reel juga diset dilevel yang pantas.

 

Tapi dari A ke Z, pengalaman mancing di LGK menyenangkan buat kami, urusan makan juga mudah, tinggal pesan ke restoran. Malamnya karena masih ingin mancing akhirnya kami putuskan mencoba fasilitas hotel. Satu bangunan ada 2 lantai, lantai pertama bisa diisi 2 ekstra bed dan lantai 2 ada ranjang yang bisa diisi maksimal 3 orang.

Ada satu lagi kelebihan mancing di LGK, karena badan sudah penat fight dengan ikan monster, saya bermobil ke Sari Ater yang berjarak sekitar setengah jam dari LGK, berendam air panas sampai puas lalu kembali ke LGK dan lanjut mancing lagi.

Inilah cerita mancing dari kolam ikan monster LGK. Silakan dicoba & dinikmati.

Tulisan selanjutnya mengenai Rumpon Ikan, berkenaan dengan musim angin barat, untuk  mancing kurang kondusif  dan kapal tidak banyak disewa maka kegiatan kami adalah merawat rumpon yang sudah ada dan menambah rumpon baru. Silakan cek di Rumpon penarik ikan  ini.

Salam strike,

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

 

Be Sociable, Share!
This entry was posted in General. Bookmark the permalink.

3 Responses to Mancing ikan monster di Lembah Gunung Kujang

  1. Pingback: Sukses strike ikan kaci-kaci I Fishing-mancing.com

  2. mondana says:

    barangkali ada toko yb butuh pasokan serbuk perekat umpan ikan air tawar, hubungi mondana di bandung HP 081394002445

  3. reelsmancing says:

    mantaap tuh.. bisa jadi rekomendasi mancing berikutnya.. Catfish.nya berapa kilo omm??? pengin strike Catfish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *