Mancing Tenggiri di Pulau Pari

Trip mancing Tenggiri di Pulau Pari ini adalah trip dadakan sehingga tidak melihat situasi cuaca dan gelombang laut.

Hari : Minggu

Nama Kapal : KM Bintang Fajar, nama kapten kapal : Saaman, anak buah kapal 2 orang

Kapal berangkat dari dermaga beton pelelangan ikan Tanjung Pasir Tangerang.Toilet duduk di kapal mancing KM Bintang Fajar

Pemancing hanya 2 orang yaitu saya dan nyonya. Istri saya suka mancing dan menurut beberapa teman, termasuk Mr Als /  Dewi nyumi bahwa istri saya lebih getol mancingnya daripada saya. Syaratnya buat dia adalah harus ada fasilitas toilet duduk di kapal mancing dan juga bersih dan rapi.

Teknik mancing : Ngoncer dan dasaran

Umpan : rebon, udang mati dan Ikan kembung hasil kotrekan

Hasil pancing : Berbagai jenis ikan karang dan hanya seekor ikan tenggiri  karena 2 temannya berhasil melepaskan diri alias mocel.Hasil mancing saya dan istri di spot pulau Pari Tanjung Pasir

Spot mancing yang dituju adalah spot dibawah pulau Pari.

Kondisi Cuaca : Pagi angin dan arus termasuk sedang dan tidak bertabrakan tetapi siangnya angin bertabrakan dengan arus, sehingga posisi penempatan kapal selalu berubah.

Kapal jalan memakai  2 mesin, kira-kira 35 menit kapal sampai di spot yang dituju.  Saya dan istri segera memasang  joran dan reel untuk acara ngotrek, niatnya adalah mengumpulkan ikan untuk umpan tenggiri. Nyang naik selar dan selar tidak ada tembang, beruntung masih ada kembung yang nyantol. Kembung ditempatkan di tempat khusus live bait dilambung kapal. Setelah dirasa cukup kapal pindah lokasi, kali ini kita mencari ikan karang plus ngoncer tenggiri. Joran khusus ngoncer disiapkan dan umpan dilepas, sementara joran lainnya dipakai untuk dasaran. Jadi 2 pemancing pakai 4 joran. Ini kebiasaan angler yang gak mau rugi.

Kenikmatan strike ikan karang terus menerus terjadi, walau ukuran tidak besar tapi karena jorannya halus dan tadinya dipakai untuk ngoterk maka setiap ada sambaran ikan walaupun kecil rasanya tetap mantap. Ikan ukuran yang cukup besar adalah Jenaha dan beberapa kerapu. Ditempat ini juga strike Tenggiri dan naik 1 ekor, sayangnya yg 2 lagi mocel. Setelah beberapa saat sambutan dirasa berkurang maka kapal digeser lagi ke spot yang lain, dengan hasil yang sama.  Saat hari sudah siang dan kondisi angin serta arus sepertinya mulai berubah maka diputuskan untuk geser lagi ketempat lain yang mungkin lebih baik tapi sayangnya semakin siang cuaca dan arus semakain kacau sehingga jam 14.00 siang saya putuskan untuk pulang.

Yang nikmat lagi adalah menu makan siang kita yatu ikan bumbu kuning hasil olahan anakMasakan ikan bumbu kuning hasil olahan ABLK KM Bintang Fajar sangat maknyos buah kapal, rasanya benar – benar pas dilidah. Sehingga Perjalanan mancing ini secara total terasa menyenangkan dan tujuan refershingnya tercapai.

Kesimpulan trip mancing : Hasil mancing tenggiri di pulau Pari ini walau hanya menghasilkan seekor tenggiri dan 2 mocel, tapi tarikan ikan dasarnya juga cukup menghibur lalu pelayanan ABK dan masakan yang disediakan juga benar benar cocok di hati.

Dalam tulisan berikutnya saya mencoba melakukan evaluasi dan introspeksi dari Laporan hasil mancing tanggal 15 Juni 2013.

Salam mancing,

By Tamanto Fajar

Be Sociable, Share!
This entry was posted in General. Bookmark the permalink.

One Response to Mancing Tenggiri di Pulau Pari

  1. Pingback: Trip Mancing ke pulau Pari| Fishing-Mancing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>