Keselamatan Pemancing

Keselamatan pemancing maupun wisatawan dalam trip mancing / wisata di laut tentunya menjadi hal yang utama, kami sangat perhatian akan hal ini dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu jadi perhatian :

KM Bintang  untuk area Keselamatan kapal telah mempersiapkan beberapa hal tersebut dibawah ini :

  • GPS ( dan Fish Finder) serta lampu kapal adalah peralatan standar yang telah disediakan agar kapten kapal dapat memandu kapal melalui jalur yang aman atau menghindari daerah berkarang misalnya, terutama sekali jika kapal dijalankan di malam hari atau cuaca masih gelap.
  • KM Bintang Fajar 1 adalah kapal kayu yang sengaja dilapis fiber untuk mengatasi rembesan / bocoran yang sering terjadi di kapal kayu yang dicat saja sehingga memiliki level ketahanan & keamanan yang lebih tinggi. juga mendapatkan jadwal perawatan sesuai kebutuhan yaitu 9 bulan 1 x naik dok untuk pembersihan tiram dan pengecekan berkala.
  • KM Bintang Fajar 2, bahan kayu dengan cat saja / tidak dilapis fiber, sehingga setiap periode 6 bulan sekali kapal selalu naik dok untuk mendapatkan pembersihan tiram, pemeriksaan, perawatan dan perbaikan yang diperlukan sehingga kapal selalu berada dalam kondisi terawat dan siap dioperasikan.
  • Pelampung disediakan sebanyak 10 buah per kapal. Saat ombak dan cuaca sedang tidak kurang / tidak bersahabat disarankan untuk selalu memakai pelampung ini, jangan hanya di letakkan di dekat anda karena sudah sering terjadi dalam kondisi ombak dan angin besar maka orang yang dikapal dapat terhempas ke laut tanpa sempat meraih pelampung lagi.
Baju Pelampung 2

Baju Pelampung tersedia 10 unit di Kapal Bintang Fajar

Untuk Keselamatan Pemancing  sendiri maka pemancing dihimbau untuk mempersiapkan :

Ransel darurat, yaitu ransel yang minimal berisi air minum dan biskuit dalam jumlah yang cukup, cermin, senter kedap air, pluit,  pelampung Resttube / pelampung model panjang berbentuk guling (lihat gambar dibawah ini),

 restube atau pelampung model panjang 1

restube 2

Dalam kondisi tercebur maka model pelampung panjang ini akan lebih mudah kelihatan diantara gelombang yang besar,

Senter kedap air dapat diarahkan ke kapal untuk mendapatkan perhatian jika malam hari,

Jika siang hari dapat menggunakan pantulan sinar matahari melalui cermin untuk mencari pertolongan dan meniup pluit akan lebih efektif daripada berteriak minta tolong.

Singkatnya isi ransel darurat anda dengan beberapa barang yang sangat dibutuhkan jika anda jatuh dari kapal dan terseret arus misalnya atau kapalnya mengalami masalah dan terdampar.

Singkat cerita, penulis pernah merasakan situasi darurat karena mesin kapal mati dan dan kapten hanya dapat mengarahkan kapal mengikuti arus, beruntung posisi perjalanan saat itu dari pulau krakatau kecil menuju anyer, tetapi akhirnya kapal terdampar di pulau Sumatera. Kejadian ini memberikan efek pelajaran yang berharga untuk selalu siap sedia menghadapai hal-hal yang tidak terduga.

Selain antisipasi keselamatan berikutnya adalah menjaga kesehatan saat dikapal agar terhindar dari mabuk laut. Silakan cek di link antisipasi mabuk laut untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan ini.

By Tamanto Fajar” 0818.828.526

2 Responses to Keselamatan Pemancing

  1. Pingback: Laporan hasil mancing KM Bintang Fajar di Tanjung Pasir | Fishing-Mancing.com

  2. Otnay says:

    Saya mau tanya kl sewa kapal berapaan ya untuk muat 5 orang mksih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.